Senin, 29 Oktober 2018

Menulis Artikel Membawa 5 Manfaat ini Bagi Kehidupanmu

Menulis Artikel Membawa 5 Manfaat ini Bagi Kehidupanmu

Kesenangan membaca artikel mungkin hanya dimiliki oleh sebagian orang. Karena sebagian lainnya tak memiliki ketahanan yang sama untuk membaca, terlebih untuk artikel yang panjang. Bahkan sebagian orang akan langsung mengantuk jika disuruh membaca artikel yang panjang karena bosan. Tapi ternyata lebih sedikit lagi orang yang senang menulis artikel. Ini 5 rahasia supaya blog pribadimu ramai dan banyak diikuti. Tak heran, karena untuk membaca artikel yang itu lebih mudah saja mereka enggan, apalagi yang susah. 


Sebenarnya banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh seorang penulis artikel, yang sepertinya masih belum banyak orang-orang ketahui. Berikut 5 manfaat yang bisa didapatkan jika banyak menulis artikel :

1. Mengembangkan Wawasan 

Bagaimana bisa menambah wawasan? Wajar jika muncul pertanyaan tersebut, terutama bagi orang-orang yang tidak banyak memiliki pengalaman menulis artikel. Karena mungkin mereka membayangkan bahwa menulis artikel hanya  menuliskan apa yang diketahui jasa buat artikel dan dipikirkan seperti menulis diary. Sehingga hal itu sama halnya dengan bercerita, tak ada aktivitas lain, selain mengingat pengalaman. 

Menulis artikel bisa mengembangkan wawasan karena konten yang ditulis dalam artikel bukan hanya tentang curhatan, melainkan informasi atau pengetahuan tentang berbagai hal. Sehingga, alamiahnya penulis artikel akan tertuntut untuk menambah pengetahuannya tentang topik yang hendak ditulisnya, yang akhirnya hal itu akan memunculkan dorongan untuk membaca atau mencari lebih banyak wawasan, demi bisa menulis artikel yang berbobot.

2. Meningkatkan Intelegensi 

Dalam Jurnal Nature, para ilmuan dari University College London Inggris, mendapatkan kesimpulan bahwa IQ bisa naik atau turun, terutama saat remaja. Banyak penelitian lainnya yang terus mengembangkan konsep ini dan salah satu hal yang berpengaruh adalah kebiasaan berpikir. Otak yang lebih sering dilatih untuk berpikir cenderung lebih cerdas dibandingkan yang jarang dilatih. 

Menulis artikel bisa menjadi salah satu aktivitas yang bisa mengembangkan kecerdasan, karena otak akan dituntut untuk terus berpikir dalam proses penulisannya. Pengetahuan yang dimiliki, dihubungkan dengan pengetahuan-pengetahuan baru yang didapatkan, dihubungkan dengan kata-kata yang bisa digunakan dalam mengkomunikasikan, kemudian menganalisa ulang untuk merangkai menjadi kalimat, paragraf hingga menjadi sebuah artikel. 

3. Mendapatkan Penghargaan 

Manfaat ini bisa didapatkan tentunya karena si penulis berpeluang mendapatkan respon dari para pembaca artikelnya. Jika artikelnya menarik, maka ia pun bisa mendapatkan apresiasi, entah itu berupa pujian, respon “like” khususnya jika diposting di media sosial hingga komentar atau kesan positif. Bahkan si penulis bisa juga mendapatkan prestasi jika mengikutkan tulisannya dalam kompetisi dan kemudian menang. 

4. Memberikan Penghasilan 

Sejak internet semakin membumi di masyarakat, blog menjadi semakin banyak digunakan, hingga akhirnya menjadi bisnis tersendiri, seperti misalnya untuk lahan iklan. Artikel yang ditulis juga bisa diposting di dalam blog pribadi dan terus dikembangkan agar menarik lebih banyak pengunjung. Jika kuantitasnya sudah banyak, blog bisa mulai ditawarkan untuk penempatan iklan, dan pemilik blog akan mendapatkan uang dari biaya pemuatan iklan dan setiap artikel baru yang ditulisnya

5. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi

Proses menimbang kata, kalimat, diksi, supaya kemudian bisa menjadi paragraf yang baik ketika menulis artikel, secara bertahap akan mengembangkan kemampuan subyek dalam berkomunikasi, khususnya lewat tulisan. karena otaknya terus dilatih untuk bisa mengkonversikan gagasan di dalam otaknya menjadi pesan-pesan komunikasi. Proses yang sama yang terjadi ketika seseorang berbicara. Sehingga semakin banyak menulis artikel, sama halnya dengan semakin banyak ia melatih kemampuan komunikasinya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar