Senin, 29 Oktober 2018

Ini 5 Rahasia Supaya Blog Pribadimu Ramai dan Banyak Diikuti


Ini 5 Rahasia Supaya Blog Pribadimu Ramai dan Banyak Diikuti

Apakah Anda tertarik dengan judul artikel ini karena Anda bingung bagaimana membuat posting-an di blog Anda banyak viewer-nya? Membuat blog memang mudah, tak hanya ahli IT yang bisa melakukannya. Mengisinya freepolyphonicringtoneiimwop dengan konten juga mudah, jika tak bisa membuatnya sendiri, internet menyediakan banyak bahan untuk di-copas. Tapi tak akan menarik lagi blog tersebut untuk diikuti apalagi dibaca.


Membuat konten blog menjadi menarik banyak pembaca dan follower, merupakan salah satu aktivitas pemasaran. Jangan salah paham, Anda tak perlu menguasai bidang pemasaran untuk sekadar memahami tulisan ini. Ingat bahwa seorang pemasar harus memahami dengan baik pasar yang ia targetkan. Jika ada seorang pria, berusaha menarik hati wanita yang kepribadiannya tomboy dengan lipstik dan high-heels, jangan kaget jika akhirnya ditolak, karena memang tak sedikitpun menarik.

Berikut beberapa poin penting untuk membuat blog banyak dikunjungi atau bahkan diikuti :

1. Tetapkan Target Pembaca

Memang benar pepatah yang mengatakan bahwa kita tak bisa menyenangkan semua orang sekaligus. Pun halnya dengan postingan blog, tidak bisa ditargetkan supaya disukai semua orang. Mereka memiliki kebutuhan, pandangan, selera yang berbeda-beda. Pembaca remaja akan berbeda karakter dengan pembaca orangtua. Remaja laki-laki dan perempuan pun berbeda terkait topik yang disuka. Sehingga, terimalah kenyataan tersebut, tetapkan target yang spesifik tentang pembaca yang ingin digaet.

2. Lakukan Analisa Pasar

Setelah ditetapkan target pembaca, maka amatilah apa yang banyak mereka butuhkan dan mereka sukai. Jika menarget pasar remaja mahasiswa, maka amati blog atau website yang banyak dikomentari dan diikuti oleh kalangan mahasiswa. Juga bisa ditambah dengan membaca buku psikologi perkembangan, khususnya pada bab yang membahas kondisi psikologis remaja usia mahasiswa. Juga bisa dengan refleksi kebutuhan dan pandangan diri, jika Anda adalah salah satu dari mereka. 

3. Fokus 

Blog yang menyajikan postingan yang fokus namun mendalam akan lebih baik daripada luas namun dangkal. Apalagi jika benar-benar menguasai bidang tersebut. Misalkan blog memberi wawasan tentang sepakbola, maka akan lebih baik jika difokuskan pada bidang tersebut daripada membuat blog membahas setiap cabang olahraga namun masing-masing hanya 1-2 postingan artikel. Blog yang memiliki karakter yang kuat tidak hanya menarik untuk dibaca, namun juga untuk diikuti. 

4. Blog atau Diary?

Ada sebagian blogger yang memang sengaja untuk menjadikan blog pribadi sebagai sarana menceritakan pengalaman pribadi. Mohon dipahami bahwa tidak semua orang tertarik dengan curhatan seperti itu, bahkan meski itu adalah sahabat sendiri. Apalagi jika isinya hanya keluhan. Orang lain sudah cukup stres dengan permasalahan mereka, akan semakin stres jika membaca blog isinya keluhan semua. Buat selingan wawasan umum yang bisa dibuat dengan banyak membaca artikel atau buku. 

Tak masalah jika sesekali membuat postingan berupa curhatan, namun pastikan hal itu tetap memenuhi kebutuhan dari pembaca. Misalkan curhatan tentang hubungan dengan pacar yang sedang bergejolak, maka selain curhat, usahakan juga ditambahi dengan analisa terhadap masalah tersebut, kemudian solusi untuk mengatasinya, terlebih jika disertai dengan teori para ahli yang membahas masalah serupa. Hal ini akan membuat pembaca dengan masalah sama, akan semakin membutuhkan blog Anda. 

Setelah konten Anda menarik dengan berbagai tips diatas, sajikan dengan judul yang atraktif, diksi sesuai karakter pembaca, sisipan gambar, dan hiasan lainnya. Semoga berhasil!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar